Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan
dumai riau

Sekolah di Dumai dan Dinas Perpustakaan Terima Bantuan Buku dari Apical Group

pukul



DUMAI
- Peringatan Hari Buku Nasional dan Hari Perpustakaan Nasional diperingati Apical Group di Dumai dengan menyerahkan bantuan buku kepada Sekolah Dasar Negeri 001 Lubuk Gaung dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai Jumat, (17/5/24).

Dalam kegiatan ini, Apical sebagai perusahaan pengolah minyak nabati terkemuka di Indonesia melibatkan seluruh karyawan di Dumai untuk turut menyumbangkan buku yang dimiliki sebagai bentuk kepedulian karyawan terhadap dunia pendidikan. 

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan minat baca terutama bagi siswa-siswi sekolah dasar yang berada di sekitar wilayah perusahaan serta untuk mendukung peningkatan literasi masyarakat Kota Dumai. 

Humas Apical Dumai Zulfahmi mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan yang sejalan dengan pembangunan berkelanjutan atau SDGs yakni pilar "Pendidikan Berkualitas". 

Dia berharap dengan bantuan buku ini dapat membangkitkan dan meningkatkan minat baca para siswa menjadi gemar baca para siswa.

"Kami akan turut terlibat dalam monitoring siswa untuk memberikan kesempatan mempresentasikan apa saja yang dipahami dari buku dibaca. Sehingga diharapkan para siswa dapat melatih kemampuan dalam berpikir secara sistematis serta melatih public speaking sejak dini," kata Zulfahmi. 

Ditambahkan bahwa bantuan buku ini juga sebagai bentuk komitmen Apical Dumai untuk terus mendukung upaya Pemerintah Kota Dumai dalam gerakan Gemar Membaca untuk Dumai (Gemurai) yang dicanangkan sejak Tahun 2023 lalu sebagai upaya Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PLIM). 

Kepala Sekolah SDN 001 Lubuk Gaung melalui Kepala Perpustakaan SDN 001 Lubuk Gaung Anita mengapresiasi upaya Apical meningkatkan minat baca anak sekolah. 

"Kami berterima kasih kepada Apical atas bantuan buku-buku dari karyawan Apical. Semoga dapat bermanfaat untuk siswa serta menambah koleksi buku di perpustakaan kami," sebut Anita. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai melalui Kepala Bidang Kearsipan Kota Dumai Indra Gautama juga mengapresiasi aksi nyata perusahaan dalam hal pemberian bantuan buku bacaan. 

"Bantuan buku Apical ini tentu sangat bermanfaat untuk melengkapi koleksi buku kami, dan nanti akan didistribusikan ke berbagai perpustakaan di Dumai serta perpustakaan keliling. Kami berharap kegiatan donasi buku ini berkelanjutan hingga namun ke daerah pelosok," kata Indra. 

Dia juga berharap perusahaan lain dapat mengikuti langkah Apical untuk mendukung peningkatan literasi masyarakat di Kota Dumai. 

Info tambahan, pada 10 Oktober 2023 lalu, Apical juga menerima penghargaan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai atas bantuan hibah buku dalam rangka membantu peningkatan literasi dan budaya baca masyarakat khususnya Kota Dumai.


Pewarta : Wan Nurlela