Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan
berita

PT.SWJP Gelar Diklat Pemandu Wisata Se Kota Dumai

pukul


Dumai-PT.SWJP beralamat di Jalan Sudirman No 157 Dumai menggelar pelatihan pemandu wisata selama 2 hari (22-23 September) di Room Hotel Grand Zuri Dumai.Pelatihan ini digelar untuk mengubah pradigma bahwa Dumai hanya dijadikan kota transit untuk ke negara tetangga atau ke provinsi tetangga.

Diklat ini diisi oleh ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Riau Ronald serta Sabil yang didatangkan langsung dari Pekanbaru.


Pelatihan ini diikuti peserta yang berasal dari beberapa kalangan antara lain; pekerja, mahasiswa, siswa SMA, dan kalangan guru. Peserta sangat antusias mengikuti diklat hingga proses tanya jawab.


Direktur utama PT.SWJP Abdul Muhsin ketika ditemui media di Hotel mengatakan Diklat ini untuk melatih peserta menjadi guide yang profesional serta mempelajari kiat kiat yanh diberikan pemateri dari pekanbari, selain itu peserta nanti agar bisa merubah pradigma masyarakat tentang kota Dumai sebagai kota transit dari negara tetangga menuju provinsi lain di Indonesia.

"Diklat ini untuk melatih peserta menjadi guide yang profesional serta mempelajari kiat kiat yanh diberikan pemateri dari pekanbaru, selain itu peserta nanti agar bisa merubah pradigma masyarakat tentang kota Dumai sebagai kota transit dari negara tetangga menuju provinsi lain di Indonesia" jelas Abdul Muhsin


Ketika ditanya peran Dinas yang membidangi pariwisata di kota Dumai tentang diklat ini ia mengatakan Dinas terkait kurang respon dengan kegiatan ini, seharusnya memberikan dukungan apalagi pelatihan ini melibatkan anak anak muda di kota Dumai yang perlu dibina serta bimbingan.

"Dinas terkait kurang respon dengan kegiatan ini, seharusnya memberikan dukungan apalagi pelatihan ini melibatkan anak anak muda di kota Dumai yang perlu dibina serta bimbingan" jelasnya

Selain ia menambahkan agar pemerintah daerah memperhatikan objek wisata di Kota Dumai agar menarik turis datang ke Dumai untuk berlibur, banyak yang bisa kita olah dan menjadi pemasukan bagi generasi muda di kota Dumai." pungkasnya.

Kegiatan Pelatihan ini juga dibekali dengan praktek lapangan dengan mengendarai bus peserta dibawa keliling kota Dumai dibimbing bicara dan diskusi kiat menjadi guide profesional.

Akhir Diklat peserta juga dibawa ke Pelabuhan Kota Dumai, Masjid Raya Al Manan Dumai serta pusat ole ole dr.Nia. Kegiatan ini berlangsung sukses serta tertib.

Laporan: Gunawan.R