Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan
artis dumai riau

119 Pengawas TPS Dumai Kota Terpilih Resmi Dilantik

pukul


 

Foto : Panwaslu Kecamatan Dumai Kota

Dumai – Sebanyak 119 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) terpilih resmi dilantik oleh Panwaslu Kecamatan Dumai Kota di Sonaview Hotel Dumai Jl. Patimura pada Senin, 22 Januari 2024. 

Pelantikan PTPS Kecamatan Dumai Kota di hadiri oleh :

- Anggota Bawaslu Kota Dumai Yossi Rinaldi, SE.

- Kapolsek Dumai Kota M. Sihombing, SH.

- Camat Dumai Kota yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Zuraida, SE.

- Danramil 01/Dumai Kapten ARH. M. Iskandar Daulay.

- Kelurahan Bintan diwakili oleh Eni Yusnita

- Kelurahan Rimba Sekampung diwakili oleh Alfan Putra, SE

- Kelurahan Laksamana diwakili Suarny, S.Sos, M.IP

- Kemenag dan PPK Dumai Kota.

Ketua Panwaslu Dumai Kota Tresna Hamdi Wikarta menegaskan, bahwa PTPS tersebut telah mengikuti serangkaian proses seleksi yang dilakukan secara ketat oleh Panwaslu Kecamatan.

“Calon PTPS yang dinyatakan lulus tersebut telah melewati proses seleksi administrasi, wawancara, hingga tanggapan atau masukan masyarakat,” ujarnya.

Proses seleksi ini mengacu pada Keputusan Ketua Bawaslu tentang Petunjuk Teknis Pembentukan dan Pergantian Antar Waktu PTPS dalam Pemilu 2024.

Dalam proses seleksi, Bawaslu Kota Dumai diwakili Komisioner turun melakukan supervisi dan monitoring sebagai upaya pengawasan agar proses seleksi yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan sejalan dengan juknis yang telah ditetapkan.

Pelantikan PTPS dilakukan oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan. Dalam Pelantikan, PTPS langsung mendapatkan pembekalan berkaitan dengan tugas, kewajiban dan wewenang dalam pengawasan.

Komisioner Panwaslu Kecamatan Dumai Kota Tresna Hamdi Wikarta, Novery dan Mira Kasmawati memberikan pembekalan kepada PTPS yang di lantik agar PTPS dapat memahami prosedur pengawasan pemilu dan mampu membuat laporan pengawasan dalam bentuk Form A dan Form C serta memahami pengisian aplikasi SIWASLU.

Foto : Komisioner Panwaslu Kecamatan Dumai Kota

Kedepannya, PTPS akan membantu Panwaslu Kelurahan/desa dalam melakukan pengawasan di TPS baik pada tahapan sebelum, sedang, hingga tahap akhir pemungutan suara.

Sebanyak 119 PTPS yang lulus akan ditugaskan untuk 119 TPS yang tersebar di Kecamatan Dumai Kota. (Icn)