Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan
dumai hot

Kadin Dumai Gelar Rapimkota Fokus Penguatan UMKM Perekonomian Daerah

pukul






DUMAI (MPC) – Gelar Rapimkota , Kadin Dumai Akan Fokus Penguatan UMKM dengan tujuan untuk merespons situasi perekonomian daerah.Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Dumai akan berfokus pada penguatan usaha mikro, kecil dan menengah dalam gelaran Rapat Pimpinan Kota (Rapimkota) pada 7 Maret 2023.

Kadin sebagai mitra strategis pemerintah akan terus membangun sinergitas untuk membangun kekuatan ekonomi Dumai.Salah satunya dengan memperkuat UMKM sehingga dapat memperkuat perekonomian daerah. UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang jumlahnya 64,2 juta. Pada tahun 2021, UMKM sendiri berkontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen atau senilai Rp8.573,89 triliun. UMKM juga menyerap dan memberikan lapangan kerja bagi 97 persen dari total tenaga kerja yang ada atau sekitar 117 juta pekerja.

“Memajukan UMKM agar dapat naik kelas menjadi salah satu fokus Kadin Dumai , sehingga dapat lebih memperkuat perekonomian daerah dan dapat mewujudkan kesejahteraan” ucap Zulfan ismaini Ketua Kadin Dumai dalam jumpa pers di Kantor Kadin jalan kesehatan – Dumai , Senin (6/3/2023). Oleh karena itu, dia menuturkan, rapimkota tahun ini mengambil tema “ Sinergitas untuk Membangun Kekuatan Ekonomi Dumai ”.
Selain itu, Zulfan menuturkan rapimkota ini juga merupakan amanat dari Musyawarah Kota (Mukota) sekaligus sebagai upaya untuk terus menjadikan Kadin Dumai sebagai rumah pengusaha yang inklusif dan kolaboratif bagi semua pengusaha.

Untuk itu melalui Rapimkota ini, Kadin Dumai sebagai payung organisasi dunia usaha terus memperbaharui program kerja untuk disesuaikan dengan kondisi saat ini dan terus memperkuat konsolidasi internal organisasi. Zulfan juga mengatakan penting untuk menguatkan sinergi dan kolaborasi Kadin Dumai dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan UMKM Kuat, Perekonomian Daerah Kuat.

Rapimkota lanjut Zulfan , akan menjadi forum untuk berbagi , berkolaborasi dan berdiskusi antara pengusaha daerah, pengusaha besar dan kecil terkait dengan pemulihan dunia usaha dan ekonomi daerah pasca pandemi serta mengukur keberhasilan kinerja dan langkah-langkah pemulihan ekonomi yang sudah dijalankan selama setahun terakhir. ( fery )